Monday 8 September 2014

Cara Mengatasi Masalah Printer Yang Error



1  Cara Mengatasi Masalah Printer Canon PIXMA iP2770 Yang Error

Sebelum memeriksa masalah yang terjadi pada printer anda, pastikan driver printer telah terinstall dengan benar pada komputer/laptop. Jika belum silahkan download drivernya di situs resmi printer canon atau secara gratis di blog ini. Biasanya masalah yang terjadi pada printer Canon ketika error atau bermasalah di tandai lampu alarm berkedip dan tidak dapat di gunakan print dokumen. Masalah ini pernah di ulas lughot dengan detail di artikel sebelumnya tentangCara Memperbaiki Error 5B00 Printer Canon IP2770 dan artikel ini sekedar mengulangi atas request sobat yang mengalami masalah dengan printernya.

Untuk cara reset manual Printer Canon IP2770 yang error sebagai berikut:
·                     Pastikan printer keadaan posisi mati akan tetapi kabel sambungan power masih tetap tersambung
·                     Selanjutnya tekan lalu tahan tombol Resume sekitar 2 sampai dengan 3 detik,lalu tekan juga tombol power tunggu sampai menyala lampu hijau nya.
·                     Terus itu secara berlahan lepas tombol resume tetapi tetap tahan tombol power lalu tekan kembali tombol resume sebanyak lima kali dengan posisi 1 kali detakkan jantung/ 1 kali tekan tombol Resume
·                     Lalu lepaskan tombol secara bersamaan setelah 5 kali tekan terkahir itu,tunggu kedua lampu led berkedip sampai lampu hijau menyala normal. Biasanya sampai langkah ini printer sudah bisa dipakai kembali.

Jika reset manual diatas belum juga berhasil, coba lakukan dengan memakai software resetter Printer Canon IP2770 
·                     Download terlebih dahulu software nya secara gratis di blog ini. Jangan lupa ekstrak file resetter tersebut di computer. Sambungkan kabel USB ke komputer dan kabel power ke aliran listrik di Printer.
·                     Masukan kertas ke printer untuk tes print saat maintenance memakai resetter.
·                     Setelah itu buka program resetter Ip2770 yang sudah di ekstrak tadi untuk di jalankan.
·                     Arahkan kursor mouse dengan klik tulisan "MAIN" tunggu proses print di kertas selesai.
·                     Selanjutnya klik EEPROM CLEAR di sana ada tulisan EEPROM tunggu sampai proses print maintenance selesai.
·                     Selanjutnya langkah terakhir matikan printer dengan cara mematikan lewat tombol POWER dan nyalakan kembali.

2.     Mengatasi Blink pada Printer HP Deskjet 1050 (J410a)


Bagi anda yang pernah mempunyai printer HP Deskjet 1050 yang ngeblink, dimana lampu indikator berkedip terus tanpa bisa digunakan, maka kali ini anda akan dapat cara mengtasinya. Sama dengan printer lainnya, HP Deskjet 1050 ini pun tidak luput dari kejadian blink atau lampu indikator led berkedip terus dan printer  tidak bisa digunakan. Apakah printer HP juga butuh direset??

Sebenarnya printer yang membutuhkan reset baik secara manual maupun software eepromnya hanya ada 2, yaitu Printer merk CANON dan EPSON. Sedangkan untuk Printer HP lainya itu tidak membutuhkan reset, karena tidak ada proteksi terhadap board atau pun catridge printer HP ini. Blink pada Printer HP 1050 ini merupakan tanda bahwa salah satu dari cartridge printer HP Deskjet tersebut mengalami kerusakan chip dan harus diganti dengan cartridge yang baru.
Cara mengatasi blink HP Deskjet 1050 :
1.      Misalkan, catridge warnanya yang anda curigai rusak, ambil catridge hitamnya dan biarkan hanya catridge warnanya yang terpasang.
2.      Setelah itu, hidupkan Printer HP Deskjet anda.
3.      Kemudian amati lampu indikator power atau tintanya, kalau printer HP Deskjet 1050 anda masih blink, berarti cartridge warnanya rusak. Akan tetapi kalau lampu indikator tinta atau power nyala penuh, berarti cartridge warna printer HP Deskjet anda masih bagus.
4.      Kemudian ambil catridge warna dan pasang kembali catridge hitamnya, berarti hanya catridge hitam yang terpasang pada printer HP Deskjet anda.
5.      Kemudian amati lampu indikator power atau lampu indikator tinta yang berada pada printer HP Deskjet tersebut. Kalau masih blink lagi berati catridge hitam printer HP Deskjet anda rusak. Akan tetapi jika lampu indikator tinta atau lampu indikator power  nyala penuh, berarti catridge hitam printer HP Deskjet anda masih bagus.
Jadi kesimpulannya, printer HP Deskjet blink itu disebabkan oleh cartridge yang rusak, bukan karena minta direset.
Kalau catridge printer HP Deskjet anda rusak anda dapat mencoba membersihkan dulu pin pada catridge dengan menggunakan penghapus pensil. Kalau masih blink, berarti anda perlu mengganti catridge printer tersebut. Printer HP Deskjet bisa berfungsi hanya dengan menggunakan 1 cartridge saja. Baik catridge hitam maupun catridge warna saja. Terserah anda.
                                                      
Demikian cara mengatasi blink pada printer HP Deskjet 1050. Cara ini belaku juga untuk printer HP Deskjet D2566, 2466, 3920, 3440, dan 3535

 

3.     BROTHER ERROR CODES AND ITS SOLUTIONS – KODE ERROR PADA PRINTER BROTHER DAN SOLUSINYA

Tentu Anda sebagai pengguna printer tidak pernah luput dari Pesan atau Kode Error pada layar display printer Anda ataupun layar komputer Anda. Entah itu kertas nyangkut, tinta habis, ataupun masalah yang lebih berat lainnya seperti print head rusak, cartridge tidak terbaca, dan lain-lain. Nah, untuk printer Brother, kami akan membagikan arti dari kode-kode error tersebut melalui artikel ini, dan semoga dapat bermanfaat dalam menanggapi masalah pada saat penggunaan printer Brother Anda. Biasanya kode-kode error tersebut di mulai dengan kata-kata seperti: unable to print XX, unable to init XX.
Tabel di atas menandakan segala kode error dan penjelasan arti dari error masing-masing. Akan kita bahas satu per satu di bawah:
·         Kode: 30,31,32,33,34,35,36,37,38,39,3C,3F
Masalah: Paper Jam alias kertas sangkut. Bisa saja Anda sudah mengeluarkan kertas yang sangkut dan tetap menemukan kode ini, artinya masih ada sisa sobekan kertas yang tertinggal di dalam, entah itu di roller, di bawah head, ataupun di bagian belakang printer. Buka scanner cover, buka back cover, gunakan senter untuk melihat lebih teliti di sekelilingnya. Jika ada kertas sangkut, silahkan di cabut dengan hati-hati dan pelan tanpa merusak part di dalamnya. Nanti akan kami tambahkan satu artikel khusus untuk masalah paper jam. SEGERA.
·         Kode: 40,42,43,44
Masalah: Temperatur di dalam printer terlalu tinggi, alias PANAS. Bisa saja terjadi jika Anda baru saja membawanya dari luar atau berjemur di dalam mobil Anda di siang hari, dan langsung Anda bawa ke kantor untuk print. Solusinya di buka saja cover-covernya, biarkan dingin beberapa saat, matikan dan coba kembali
·         Kode: 46
Masalah: Tangki pembuangan tinta sudah penuh dan perlu penggantian gabus penahan tinta. Masalah ini bisa di atasi dengan reset (untuk reset, silahkan bawa unit ke Maestro Komputer, hanya sebentar pengerjaannya). Dan untuk lebih awet, absorber pad di dalamnya harus di ganti biar tidak banjir suatu hari nanti dan merusak printer.
·         Kode: 48, 4F
Masalah: Ada masalah pada print head Anda. Antara Print head rusak, konslet, sangkut alias tidak bisa bergerak. Ketika menemui masalah ini, cukup berat, disarankan untuk bawa ke tempat servis atau toko komputer terdekat untuk di test lebih lanjut. Cara pengecekan ringkasnya yang dapat Anda lakukan di rumah; coba di buka covernya, cek di sekitar print head apakah ada yang menganggu pergerakan print head, atau apa yang terjadi sebelum error ini keluar? Dari sana bisa lebih di identifikasi kemungkinan punca masalahnya dan apa yang sebenarnya terjadi. Kemungkinan punca masalah bisa saja ketika paper jam, Anda langsung menarik kertas secara paksa yang secara tidak sengaja menggores print head, atau ada anak mata kelip yang jatuh ke dalam printer atau benda asing lainnya yang merusak print head.


·         Kode: 49
Masalah: Temperatur di dalam printer terlalu rendah alias dingin. Hal ini jarang terjadi karena kita tinggal di negara tropis. Kecuali Anda memasukkan printer ke dalam freezer. :p
·         Kode: 50,51,52,57,5A,5B,5C,5D,5E
Masalah: Sama halnya dengan masalah pertama di atas: Paper Jam alias kertas sangkut. Dan jika Anda menemukan kode seperti ini, ada kemungkinan tambahan masalah di sensor. Sensor rusak ataupun kotor yang menyebabkan printer tidak dapat bekerja secara normal. Masalah yang cukup rumit. Untuk menghindari adanya masalah ini, tetap jaga printer Anda agar tetap bersih dari debu. Tutup dengan kain bersih ketika tidak digunakan.
·         Kode: 8F
Masalah: Terjadi kerusakan atau gangguan pada motor penarik kertas. Hal ini jarang terjadi, tapi bisa saja terjadi setelah penggunaan yang cukup banyak, khususnya dalam frekuensi yang tinggi. Satu lagi masalah yang cukup rumit, dan hanya bisa diselesaikan oleh tenaga ahli. Tetapi satu hints: lebih ke kebersihan secara umum. Jika printer bersih, maka printer akan jauh dari error. Kertas bisa menginggalkan sisa-sisa serbuk pada saat di tarik. Dari sana jika sudah cukup banyak, otomatis mengganggu kinerja penarik kertas.
·         Kode: A5,A6,A7,A8,AF
Masalah: Masalah pada scanner unit. Hal ini sangat jarang terjadi. Bisa saja terjadi jika scanner rusak, konslet, kabel putus, lampu scanner rusak ataupun lainnya. Jika sudah terjadi, lebih sering solusinya di penggantian Scanner Unit.
·         Kode: E2,E3
Masalah: Terjadi masalah pada Motherboard induk. Bisa terjadi jika ada komponen yang konslet, dan masalah lainnya seputar PCB. Dan pernah kita temui kasus ada cicak bertelur di dekat PCB printer Brother. Jadi, hati-hati lah dalam menyimpan printer Anda. Usahakan untuk menaruh di atas meja, dengan ditutupi kain bersih yang cukup besar. Dan jaga dari debu. Biasanya karena kotor, serangga, hewan-hewan kecil suka masuk ke dalam dan berpotensi merusak. Andaikan saja telur tersebut pecah dan airnya mengenai motherboard, maka akan terjadi Short alias konsleting. Ini salah satu hal yang bisa saja terjadi. Jika sudah terjadi kerusakan pada Motherboard, solusi nya adalah penggantian Motherboard.
Demikianlah penjelasan dari masing-masing kode error yang terdapat pada printer Brother. Jika ada kode yang belum di bahas di atas, bisa coba tanyakan ke kami. Terima Kasih, dan semoga dapat digunakan sebaik-baiknya untuk mengatasi Shock atau marah-marah yang gak menentu ketika printer Brother Anda menemui salah satu masalah seperti yang di bahas di atas.
Tambahan:
Error Code 49, maupun masalah paper jam, kadang kala merupakan masalah pada Maintenance Unit (paper jam), dan PCB – Motherboard (error 49). Hal ini dapat ditangani di service center Brother.











4.  Cara membuka dan memperbaiki printer Epson LQ 2180 mati


Membuka dan memperbaiki Epson LQ2180. Kebetulan pada kasus ini saya dapat masalah yang mudah.


1 . Buka tutup luar printer..



2. Lepas Pita cartridge pada printer. Pita cartride menempel juga pada head printer.


3. Lepas papper feed.
Gambar


4. Lepas juga yang ini . saya gak tau namanya  :D

5.  Lepas yang dibawahnya juga.. Perhatikan telunjuk saya. pencet dan tarik.

6. Lepas knop putarnya.


7. Lepas panel depannya.

8. Lepas semua kabel yang menuju ke panel depan.

9. Lepas semua sekrup.

10. Angkat body printer dengan hati2.

11. Prosess membuka selesai.

12. Ternyata pada kasus saya ada cicak yang tinggal di bawah board catu daya. cicaknya mati kena setrum :D .

13. Buka semua sekrup board dan angkat.

Ternyata !!!! bukan cuma 1, bukan 2, bukan 3, Tapi 4 Cicak.. Luar biasa.. (lebay). 1 keluarga kali ya.  :D .

14. Bersihkan jalur board. Saya biasa membersihkan dengan cairan WD40 (tidak membuat konslet)
Gambar

Harga sekitar Rp32.500, dapat dibeli di toko elektronik terdekat


15. Telitilah jalur pcb yang terkena cicak. biasanya jalur pcb akan putus jika konsleting. tubuh cicak bisa membuat konslet pada jalur kemudian terbakar dan putus.

16. Sambung jalur pcb yang putus.
Gambar


17. Tutup kembali printer.

18. Hidupkan printer. jika terlihat lampu menyala. printer siap untuk test print.

19. Lakukan Print test page. dan pada kasus saya. printer berfungsi kembali dan dinyatakan berhasil.



6.     cara mengatasi printer laserjet


Cara Mengatasi Masalah pada Printer

Saat ini, sebagian besar bidang pekerjaan, rasanya sudah menggunakan komputer sebagai pendukung kerja yang memang cukup memudahkan. Membuat surat, menyelesaikan proposal, mencatat laporan keuangan, semua menggunakan computer. Namun, tidak seperti mesin ketik atau kertas dan pulpen, apa yang tertulis di komputer, tidak serta merta dapat kita baca, bawa, apalagi jilid menjadi buku, layaknya kertas. Ya, karena tulisan di komputer masih berupa soft copy yang harus kita cetak dahulu dengan mesin, bernama Printer.Semua yang tertulis di komputer, akan dapat menjadi dokumen dalam bentuk tercetak di kertas, jika ada printer sebagai mesin pencetaknya. Jadi ketergantungan kerja komputer dengan printer sangat besar. Jika printer tak jalan, maka sudah pasti pekerjaan akan tersendat dan bisa jadi terbengkalai. Apa saja sih jenis kerusakan pada printer itu? Berikut contoh-contoh masalah printer dan penanggulangannya;
Cetakan Kabur (kurang jelas)
Masalah lain yang sering terjadi pada printer adalah cetakan kabur. Hal ini terjadi biasanya  karena salah satu kondisi berikut;

·         Toner/tinta pada printer mulai habis,
·         Ketebalan cetak (density) terlalu rendah
·         Economode printing dalam posisi aktif.
Untuk mengatasi kondisi diatas, masalah density dan economode, Anda bisa mengaturnya pada tombol terpisah di printer Anda. Namun, jika masalah ada pada toner/tinta, sementara Anda dapat menggoyang toner printer agar lebih merata dan dapat dipakai kembali, namun tetap bersiap untuk mengisinya dengan yang baru.

Toner Luntur
Saat Anda menyentuh hasil cetak, dan ternyata tinta/toner luntur ditangan. Bisa jadi, printer Anda mengalami masalah berikut;
·       Fuser rusak atau hampir habis masa pemakaiannya
Solusi untuk fuser yang bermasalah paling sederhana, adalah dengan menggantinya. Lebih baik untuk tidak memperbaiki fuser, karena fuser termasuk spare part berkala dan memang ada masa berlaku pemakaiannya.  
·         Rusaknya toner cartrigde sehingga terlalu banyak toner yang keluar.
Untuk  printer laser (hitam putih) solusinya dengan mengganti toner cartridge, jika  printer laser warna, ganti cartrigdenya.
·         Toner tumpah di printer
Jika ya, ada harus membersihkannya.

Masalah pada Tray
Tray adalah tempat untuk meletakkan kertas pada printer. Jika printer menarik lebih dari satu atau bahkan semua kertas dari tray, kemungkinan besar masalah pada
·         Pad (alat untuk memisahkan kertas pada tray),  dan perlu diganti.
Bisa diperbaiki dengan menginstal pad baru. Untuk perbaikan, sekarang sudah disediakan layanan yang dapat Anda panggil untuk memperbaiki pad.
·         Kertas basah atau lembab.
Simpan kertas ditempat yang kering dan terlindung.  Ingat juga untuk selalu mengkibas-kibaskan kertas sebelum dimasukkan ke dalam printer, agar lembar per lembarnya terpisah.


Cetakan Berbayang
Hasil cetakan berbayang, adalah saat tulisan atau gambar tercetak dengan baik, tapi ada gambar sama yang lebih terang yang tercetak bersamaan, dengan letak hampir menumpuk. Biasanya disebabkan karena;
·         Sambungan  listrik yang mensuplai listrik ke printer.
Coba atasi dengan mengecek outlet listrik dengan mencoba dipasangkan pada printer lain untuk melihat apakah masalah yang sama muncul. Jika iya, berarti sambungan listrik memang bermasalah dan harus diselesaikan dahulu.
·         Penggunaan spare part berkala yang hampir habis masa pakainya. Sparepart berkala  misal drum atau imaging kit.
Spare part berkala mempunyai masa pakai, biasanya ditentukan dengan sejumlah kertas tertentu/berapa kali mencetak. Pada saat printer mencapai angka yang ditentukan spare part tersebut memang harus diganti, salah satunya juga untuk menghilangkan bayangan.
Paper Jam
Paper jam adalah salah satu masalah yang paling sering terjadi pada printer, bahasa umumnya adalah printer macet atau head kotor. Penyebabnya, biasanya adalah karena printer kotor, jenis kertas yang digunakan tidak sesuai, atau roller yang menggerakkan kertas tersendat/mati. Dan biasanya, printer yang menampung kertas secara vertikal sering mengalami paper jam. Printer model ini tidak didesain untuk pemakaian intensif.

Solusinya;        
·         Bersihkan printer secara rutin dengan alat dan pembersih yang benar.
·         Gunakan kertas yang benar tiap kali akan mencetak dokumen. Benar baik jenis kertas maupun ukuran, perlu diperhatikan.
·         Jika kerusakan terjadi pada roller, ganti roller printer Anda.
Namun ingat, roller pada setiap type printer berbeda-beda, baik letak maupun modelnya. Anda harus benar-benar mengenali karena salah-salah mengganti roller, justru akan menyebabkan kerusakan yang lebih serius.
·         Jika terjadi paper jam, perlu diperhatikan untuk selalu tarik kertas searah dengan jalur keluar kertas karena jika ditarik ke belakang akan tersumbat di dalam printer.

PENCARIAN TERBARU
Pencarian terbaru (100)
Masalah pada printer. Permasalahan pada printer. Kerusakan pada printer dan cara mengatasinya. Hasil print berbayang. Cara mengatasi kerusakan pada printer. Cara mengatasi masalah pada printer. Penyebab hasil print berbayang.
Kerusakan printer. Cara mengatasi hasil print berbayang. Cara mengatasi troubleshooting pada printer. Masalah masalah pada printer. Masalah pada printer dan cara mengatasinya. Permasalahan pada printer dan cara mengatasinya. Cara mengatasi permasalahan pada printer.
Masalah yang sering terjadi pada printer dan cara mengatasinya. Mengatasi hasil print berbayang. Hasil print tidak jelas. Masalah kertas pada printer. Hasil cetakan printer berbayang. Kerusakan pada printer. Trouble pada printer.
Kerusakan printer dan cara mengatasinya. Kerusakan pada printer dan cara memperbaikinya. Http://carapedia.com/mengatasi_masalah_pada_printer_info2823.html. Printer tidak keluar tulisan. Troubleshoting yang terjadi pada printer dan cara mengatasinya. Troubleshooting pada printer. Cara mengetahui tinta printer habis.
Cara mengatasi troubleshooting printer. Hasil print kotor. Kenapa printer tidak bisa ngeprint. Cara mengatasi kerusakan printer. Cara mengatasi printer. Penyebab printer macet. Jenis kerusakan printer dan cara mengatasinya.
Rool pada printer. Printer tidak mau ngeprint. Masalah pada printer dan solusinya. Cara memperbaiki roller printer. Kerusakan dan solusi pada printer. Kerusakan pada printer dan solusinya. Pengertian paper jam.
Masalah printer dan cara mengatasinya. Masalah pada printer canon. Cara memperbaiki roller printer canon. Masalah printer. Masalah yang terjadi pada printer. Kerusakan yang sering terjadi pada printer. Kerusakan yang terjadi pada printer.
Masalah yang sering terjadi pada printer. Apa yang menyebabkan hasil cetakan pada kertas miring. Contoh kerusakan pada printer. Hasil print kabur. Macam macam kerusakan pada printer dan cara mengatasinya. Problem pada printer. Penyebab printer tidak jalan.
Permasalahan pada printer dan solusinya. Cara memperbaiki printer laserjet. Masalah pada printer laserjet. Masalah dan solusi pada printer. Permasalahan tentang tik hp. Mengatasi masalah pada printer. Kertas yang baik untuk printer.
Cara untuk remove paper pada printer. Masalah kerusakan pada printer. Arti fuser. Kerusakan dan perbaikan pada printer. Caramengatasi kertas tersendat di dalam printer. Masalah masalah pada printer dan cara mengatasinya. Troubleshooting printer dan cara penanggulangannya.
Printer hp tinta hitam tidak keluar. Masalah pada komputer dan cara mengatasinya. Troubleshoot pada printer. Masalah dalam printer. Kenapa tinta printer tidak jalan. Masalah printer laserjet. Mengatasi printer berbayang.
Cara mengatasi printer tidak dapat menarik kertas. Kendala printer. Kerusakan printer dan cara memperbaikinya. Masalah yang sering terjadi pada printer dan solusinya. Masalah kerusakan printer canon. Roll pada printer. Kenapa hasil print berbayang.
Pengertian paper jam pada printer. Masalah dan solusi pada printer laser jet. Cara troubleshooting printer. Permasalahan printer dan cara mengatasinya. Kenapa printer tidak mau ngeprint. Tinta printer kurang jelas. Masalah paper jam pada printer.
Permasalahan padaprinter. Mengatasi kerusakan printer docuprint xerox. Masalah printer fuji xerox tidak mengeluarkan warna. Contoh printer laser. Masalah pada printer serta cara kerjanya. Mesin yang ada di dalam printer. Cara mengatasi problem pada printer.

2 comments:

  1. dulu gue pernah punya printer canon juga, n sering ngadat.. thanks infonya

    ReplyDelete
    Replies
    1. Atasi aja maslaah nya mbak...
      Sama sama Mbak

      Delete

Ads Inside Post