Monday 2 February 2015

Perencanaan Jaringan



Perencanaan Jaringan



1.     Pendokumentasian Jaringan yang ada.
·        Jaringan yang ingin dibuat adalah jaringan warnet.
·        Warnet adalah Sebuah Tempat yang menyediakan komputer beserta layanan internet. Sebelumnya Belum terdapat sebuah jaringan pun karena
kami ingin membuat jaringan yang baru.
·        Warnet merupakan salah satu tempat usaha yang memakai system jaringan computer dalam melakukan operasinya, agar jaringan computer di warnet tersbut terhubung ke internet diperlukan sebuah koneksi melalui jasa ISP ( internet service provider ).

2.     Survei Lapangan.
Survei Lapangan Biasanya digunakan untuk mengetahui potensi pasar/keuntungan dari warnet tersebut nantinya, yang biasa dilakukan saat survei lapangan adalah :
·        Lokasi dekat dengan kawasan Sekolah Menengah Umum dan Sekolah Menengah Pertama maupun perkantoran.
·        Lokasi berada di pusat keramaian,
·        Lokasi berada ditengah kawasan penduduk.
·        Dilokasi belum terdapat banyak warnet.
·        Lokasi berada pada perumahan penduduk.
·        Kemampuan finansial  orang-orang yang ada disana ( minimal sekali berkunjung mereka akan membayar 3000-1000 untuk pembayaran warnet).

3.     Topology Fisik Dan Logic.
·        Jenis Hubungan yang kami gunakan adalah Hubungan Client-Server.
Alasan : Karena Client-Server menggambarkan bahwa lalu lintas hubungan antar   perangkat dikendalikan oleh satu komputer (Server) dan perangkat lainnya (Client) harus melalui perangkat tersebut setiap kali melakukan proses komunikasi.

·        Topologi yang digunakan adalah Topologi Bus.
Alasan : Karena pada topology ini kita sudah menggunakan bantuan alat lain untuk mengkoneksikan jaringan komputer, seperti HUB, Switch, dll. (Sama Hal Nya Seperti Di Warnet).

Kelebihan topologi Bus adalah: 
  • Instalasi relatif lebih murah.
  • Kerusakan satu komputer client tidak akan mempengaruhi komunikasi antar client lainnya.
  • Biaya relatif lebih murah
Kelemahan topologi Bus adalah: 
  • Jika kabel utama (bus) atau backbone putus maka komunikasi gagal.
  • Bila kabel utama sangat panjang maka pencarian gangguan menjadi sulit.
  • Kemungkinan akan terjadi tabrakan data(data collision) apabila banyak client yang mengirim pesan dan ini akan menurunkan kecepatan komunikasi.

Sketsa Model Jaringan Warnet Yang akan di buat.




4.       Dokumentasi Kebutuhhan Jaringan.
Hardware  yang dibutuhkan :
·         1 buah computer yang dipakai untuk server
·         5 buah computer untuk client
Spesifikasi untuk komputer client maupun server.
·         Processor Intel Pentium Dual Core 2,7 Ghz atau Lebih.
·         VGA  1GB atau lebih (karena digunakan Untuk bermain Game.
·         RAM Minimal 2 GB.
·         Monitor yang memiliki resolusi 1024 X 768 ke atas.
·         Memiliki Hard disk Minimal 500 Mb.
·         1 printer untuk menampilkan hasil teks dan gambar ( Di server saja)
·         Mouse.
·         Keyboard.
·         Ear phone.

Perangkat Jaringan Yang dibutuhkan :

·         Router (Di server)
·         NIC (Network Interface Card) harus sudah bisa mengimbangi kecepatan yang dipakai untuk itu minimal diperlukan NIC memiliki kecepatan minimal 100/10 MBPS.
·         SWITCH/ HUB digunakan untuk menghubungkan tiap computer dalam sebuah jaringan local sebaiknya digunakan SWITCH yang memiliki 16 port.
·         Cable UTP yang digunakan minimal cat. 5 karena biasanya dalam sebuah warnet jarak antar tiap computer tidak terlalu berjauhan serta ini sesuai dengan NIC yang dimiliki. Konektor RJ45 untuk menghubungkan cable UTP dengan NIC. Dalam sebuah warnet biasanya digunakan tipe STRIGHT untuk menghubungkan client, server ke SWITCH dan menghubungkan Server Ke Router.
·         Modem ADSL.


Software yang diperlukan:
·         Billing sebuah aplikasi yang dipakai untuk membantu admin dalam melakukan perhitungan waktu dan biaya serta digunakan untuk membuat laporan keuangan dan laporan data karyawan pada warnet, selain itu juga billing digunakan untuk memanajemen client memberikan penomoran pada client.
·         Web Browser adalah sebuah aplikasi yang digunakan untuk membuka sebuah website dan melakukan aktifitas berinternet lainnya.
·         Apliksi Game Online untuk dapat masuk ke layanan game online misalnya Point Blank dll.
·         Alamat IP, alamat IP yang digunakan pada jaringan local di warnet menggunakan IP ver. 4 kelas C karena hanya terdiri dari belasan computer.
·         Sistem Operasi yang digunakan sebaiknya sama atau untuk server digunakan Sistem Operasi khusus server minimal untuk client adalah Microsoft windows XP atau untuk server Windows Server 2003, Debian Juga Boleh.
·         Internet Download Manager, merupakan aplikasi yang digunakan untuk membantu proses download.
·         Bandwitch limiter digunakan untuk mengatur bandwitch yang diberikan pada tiap client agar merata.

Susunan Kabel

·        Kabel yang digunakan adalah Kabel UTP dengan panjang ± 40 m.
·        Susunan kabel yang digunakan adalah Kabel STRIGHT yang berguna untuk menghubungkan 2 perangkat yang berbeda (Digunakan untuk menghubungkan komputer dengan switch/HUB). Sedangkan untuk menghubungkan suatu perangkat yang sama kita menggunakan susunan kabel cross (Computer to Computer).




No comments:

Post a Comment

Ads Inside Post