Saturday 31 January 2015

Algoritma Pemrograman Web



Algoritma Pemrograman Web

----------------------------------------------------------------------------------
A. Mengenal Paradigma Pemrograman Definisi Program Adalah kumpulan instruksi-instruksi tersendiri yang biasanya disebut source code yang dibuat oleh programmer. Program adalah kumpulan instruksi atau perintah yang disusun sedemikian rupa sehingga mempunyai urutan nalar yang tepat untuk menyelesaikan suatu persoalan. Instruksi (statement) yang dimaksud adalah syntaz (cara penulisan) sesuai dengan bahasa pemrograman yang digunakan. Mempunyai komponen-komponen : input, proses, output, percabangan dan perulangan. Bahasa Pemrograman Adalah alat untuk membuat program Cotoh : C, C++, C#, Pascal, Basic, Perl, PHP, ASP, JHP, Java, dll. Perbedaan : cara memberikan instruksi Persamaan : bertujuan menghasilkan output yang sama.   Paradigma Pemrograman
  • Pemrograman Prosedural
Berdasarkan urutan-urutan, sekuensial Program adalah suatu rangkaian prosedur untuk memanipulasi data. Prosedur merupakan kumpulan instruksi yang dikerjakan secara berurutan.
  • Pemrograman Fungsional
Berdasarkan teori fungsi matematika. Fungsi merupakan dasar utama program
  • Pemrograman Terstruktur
Secara berurutan dan terstruktur Program dapat dibagi-bagi menjadi prosedur dan fungsi Contoh : Pascal dan C
  • Pemrogramam Modular
Pemrograman ini membentuk banyak modul. Modul merupakan kumpulan dari prosedur dan fungsi yang berdiri sendiri. Sebuah program dapat merupakan kumpulan modul-modul
  • Pemrograman Berorientasi Obyek
Pemrograman berdasarkan prinsip obyek, dimana obyek memiliki data/variabel/property dan method/event/prosedur yang dapat dimanipulasi Contoh : C++, Obyek Pascal, dan Java.
  • Pemrograman Berorientasi Fungsi
Pemrograman ini berfokus pada suatu fungsi tertentu saja. Sangat tergantung pada tujuan pembuatan bahasa pemrograman ini. Contoh : SQL, HTML, XML, dll.
  • Pemrograman Deklaratif
Pemrograman ini mendeskripsikan suatu masalah dengan pernyataan daripada memecahkan masalah dengan implementasi algoritma. Contoh : Prolog   B. Mengenal Algoritma Algoritma adalah urutan langkah logis tertentu untuk memecahkan suatu masalah. Urutan langkah logis, yang berarti algoritma harus mengikuti suatu urutan tertentu, tidak boleh melompat-lompat. Alur pemikiran dalam menyelesaikan suatu pekerjaan yang dituangkan secara tertulis. Alur pikiran, sehingga algoritma seseorang dapat juga berbeda dari algoritma orang lain. Tertulis, yang artinya dapat berupa kalimat, gambar, atau tabel tertentu. Contoh Algoritma Menulis surat: Jika seseorang ingin mengirim surat kepada kenalannya di tempat lain, langkah yang harus dilakukan adalah :
  • Menulis surat
  • Surat dimasukkan kedalam amplop tertutup
  • Amplop ditempeli perangko secukupnya
  • Pergi ke kantor pos terdekat untuk mengirimkannya
Dalam bidang komputer, algoritma sangat diperlukan dalam menyelesaikan berbagai masalah pemrograman, terutama dalam komputasi numeris. Tanpa algoritma yang dirancang baik maka proses pemrograman akan menjadi salah, rusak, atau lambat dan tidak efisien.   Pelaksana algoritma adalah komputer. Manusia dan komputer berkomunikasi dengan cara memberikan perintah-perintah pada komputer berupa instruksiinstruksi yang disebut program. Alat yang digunakan untuk membuat program tersebut adalah bahasa pemrograman. Bahasa pemrograman sangat bermacam-macam : C, C++, Pascal, Java, C#, Basic, Perl, PHP, ASP, JSP, J#, J++, dan masih banyak bahasa lainnya. Dari berbagai bahasa pemrograman cara memberikan instruksinya berbeda-beda namun bertujuan menghasilkan output yang sama.

No comments:

Post a Comment

Ads Inside Post