Monday 2 February 2015

Sejarah Media Sosial

Sejarah Media Social

        Kita tahu bahwa media social adalah media online yang diberikan untuk pengguna dapat berpatisipasi online, Berbagi, mengisi Blog, jejaring sosial, dll. Yang paling umu digunakan biasanya jejaring sosial dan wiki.
       Ciri ciri media Social :
  • Pesan yang di sampaikan tidak hanya untuk satu orang saja namun bisa keberbagai banyak orang contohnya pesan melalui SMS ataupun internet
        Pesan yang kita sampaikan tidak lah untuk satu orang saja ,(Contohnya Facebook), Jejaring
    social ini mampu mengirim pesan kita langsung kepada orang lain. Dan orang yang menerima atau melihatnya adalah orang orang yang DIIKUTI, FANSPAGE FACEBOOK RESMI, semakin banyak orang yang suka dengan kita di Facebook ,Orang itu akan bisa menerima/melihat status dan apa yang sedang kita lakukan sekarang ini.
    contoh FansPage Facebook yang sudah banyak di Like https://www.facebook.com/zuck?fref=ts
  • Pesan yang di sampaikan bebas, tanpa harus melalui suatu Gatekeeper    Jika kita mengirim sebuah pesan melalui kantor pos pasti pihak kantor pos itu memeriksa ap
    akah surat itu sudh memenuhi kriteria dan persyaratannya. Tapi lewat media Social kita bebas menginput berita yang ingin kita berikan.
  • Pesan yang di sampaikan cenderung lebih cepat di banding media lainnya
      Pesan yang kita berikan kepada orang lain pasti akan sampai ke tempat orang yang dituju, layanan media social langsung mengirimkan pesan kita secara otomatis (Tergantung Kecepatan Internet kita), Bandingkan dengan Media kantor pos kita harus menunggu beberapa lama untuk menerima pesan yang ditujukan untuk kita. Masalah masalahnya Klik Disini , dan itu memakan banyak waktu.
  • Penerima pesan yang menentukan waktu interaksi
    Pastilah ketika kita mengirim sebuah pesan penerima pesan yang akan menentukan kapan dia membaca pesan itu dan mengirim  umpan balik pesan kembali.

Yap lanjut ke sejarah media social :
          Berkembangnya teknologi dengan pesat membuat banyak peusahaan perusahaan mengambil keuntungan ini dengan mendirikan aplikasi aplikasi di media social yang akhir akhir ini banyak bermunculan di media maya.
Contohnya Facebook, Twitter, MySpace, Line, Kakau Talk, Yahoo, Google + , Toko toko online seperto Berniaga, OLX, Lazada, dan masih banyak yang lainnya. Semua itu jika kita ingin mengaksesnya kita terlebih dahulu harus connect ke INTERNET..

     
 Perkembangan Sosial Media
  •  Awal mula terbentuknya sosial media terjadi pada tahu 1978 dari penemuan sistem papan buletin, yang dapat memungkinkan kita untuk mengunggah, atau mengunduh informasi, dapat berkomunikasi dengan mengunakan surat elektronik yang koneksi internetnya masih terhubung dengan saluran telepon dengan modem. Sistem papan buletin ini ditemukan oleh Ward Christensen dan Randy Suess yang keduanya adalah sesama pecinta dunia komputer.  Perkembangan sosial media pertaman kali dilakukan melalui pengiriman surat elektronik pertama oleh peneliti ARPA ( Advanced Research Project Agency) pada tahun 1971.
  • 1995 Kelahiran dari situs GeoCities, situs ini melayani Web Hosting yaitu layanan penyewaan penyimpanan data - data website agar halaman website tersebut bisa di akses dari mana saja, dan kemunculan GeoCities ini menjadi tonggak dari berdirinya website - website lain.
  • 1997 Muncul situs jejaring sosial pertama yaitu Sixdegree.com walaupun sebenarnya pada tahun 1995 terdapat situs Classmates.com yang juga merupakan situs jejaring sosial namun, Sixdegree.com di anggap lebih menawarkan sebuah situs jejaring sosial di banding Classmates.com
  • 1999 Muncul situs untuk membuat blog pribadi, yaitu Blogger. situs ini menawarkan penggunanya untuk bisa membuat halaman situsnya sendiri. sehingga pengguna dari Blogger ini bisa memuat hal tentang apapun. termasuk hal pribadi ataupun untuk mengkritisi pemerintah. sehingga bisa di katakan blogger ini menjadi tonggak berkembangnya sebuah Media sosial.
  • 2002 Berdirinya Friendster, situs jejaring sosial yang pada saat itu menjadi booming, dan keberadaan sebuah media sosial menjadi fenomenal.
  • 2003 Berdirinya LinkedIn, tak hanya berguna untuk bersosial, LinkedIn juga berguna untuk mencari pekerjaan, sehingga fungsi dari sebuah Media Sosial makin berkembang.
  • 2003 Berdirinya MySpace, MySpace menawarkan kemudahan dalam menggunakannya,sehingga myspace di katakan situs jejaring sosial yang user friendly.
  • 2004 Lahirnya Facebook, situs jejaring sosial yang terkenal hingga sampai saat ini, merupakan salah satu situs jejaring sosial yang memiliki anggota terbanyak.
  • 2006 Lahirnya Twitter, situs jejaring sosial yang berbeda dengan yang lainnya, karena pengguna dari Twitter hanya bisa mengupdate status atau yang bernama Tweet ini yang hanya di batasi 140 karakter.
  • 2007 Lahirnya Wiser, situs jejaring social pertama sekali diluncurkan bertepatan dengan peringatan Hari Bumi (22 April) 2007. Situs ini diharapkan bisa menjadi sebuah direktori online organisasi lingkungan seluruh dunia termasuk pergerakan lingkungan baik dilakukan individu maupun kelompok.
  • 2011 Lahirnya Google+, google meluncurkan situs jejaring sosialnya yang bernama google+, namun pada awal peluncuran. google+ hanya sebatas pada orang yang telah di invite oleh google. Setelah itu google+ di luncurkan secara umum.


    Mungkin tidak banyak yang tahu sebelum eranya Facebook,

    ada sebuah jejaring sosial bernama Friends Reunited. Dari infografik dan MarketingDirecto.com, berikut  tercantum cukup lengkap perkembangan media sosial dan internet sejak tahun 1978 hingga 2012. Terdapat beberapa hal menarik sebelum muncul atau lahirnya Facebook, seperti kelahiran Friends Reunited, jejaring sosial pertama pada tahun 1998 Hingga tahun 2003. Ketika Facebook lahir, jejaring sosial Friends Reunited ini memiliki 15 juta pengguna Hingga pada tahun 2008. Pada saat Facebook muncul pertama kali, sosial media ini memiliki pengguna mencapai 400 juta pengguna. Lalu pada tahun 2008 juga-lah Friends Reunited dijual, dan akhirnya menghilang sampai sekarang. Pada tahun 1995, internet baru memiliki satu juta situs. Sementara, tiga tahun berikutnya, industridotcom sudah sulit diprediksi. Data terakhir hanya menunjukkan pengguna internet dunia, yang diperkirakan mencapai 1,97 miliar atau hampir 30 persen dari total populasi di Dunia. Dari infografik ini juga menunjukkan bagaimana bisnis di media sosial cukup kejam, bagaimana MySpace yang menggeser Friendster, tapi lalu akhirnya harus menyerah oleh Facebook. Google+ mungkin belum tampak cukup besar untuk menggeser Facebook, tapi kalau melihat kurun waktu yang dibutuhkan, Facebook butuh 4 tahun untuk berjaya, dan MySpace butuh 5 tahun. Kemungkinan apapun bisa terjadi. Google+ yang baru lahir tahun 2011.




    Pertumbuhan media Social

    Pesatnya perkembangan teknologi itu dikarenakan orang kini bisa dengan mudah mengaksesnya, layanan internet seperti Warnet banyak tersebar di indonesia maupun mancanegara. Biasanya kalau dengan radio, televisi, dan koran itu memerlukan banyak waktu untuk melihatnya dan memerlukan waktu lama. Tetapi jika dengan media social kota dengan mudah melihatnya dan mengaksesnya hanya dengan terkoneksi ke internet, walaupun kecepatan internet kita lambat.
    No Nama situs Jumlah member
    1 facebook 250.000.000
    2 myspace 122.000.000
    3 twitter 80.500.000
    4 linkedin 50.000.000
    5 ning 42.000.000

Sekian Dahulu posting admin Konde dipagi ini semoga bisa bermanfaat untuk kita semua, jika ada kesalahan kata atau kelogisan kata yang tidak logis mohon dimaafkan. Kesalahan milik kita dan kebenaran milik Tuhan.

Assalamualaikum WR WB

No comments:

Post a Comment

Ads Inside Post