1. Pendokumentasian Jaringan yang ada.
·
Jaringan yang ingin dibuat adalah jaringan warnet.
·
Warnet adalah Sebuah Tempat yang menyediakan komputer beserta
layanan internet. Sebelumnya Belum terdapat sebuah jaringan pun karena
kami ingin membuat jaringan yang baru.
kami ingin membuat jaringan yang baru.
·
Warnet merupakan salah satu tempat usaha yang memakai system
jaringan computer dalam melakukan operasinya, agar jaringan computer di warnet
tersbut terhubung ke internet diperlukan sebuah koneksi melalui jasa ISP (
internet service provider ).
2. Survei Lapangan.
Survei Lapangan Biasanya digunakan untuk mengetahui potensi
pasar/keuntungan dari warnet tersebut nantinya, yang biasa dilakukan saat
survei lapangan adalah :
·
Lokasi dekat dengan kawasan Sekolah Menengah Umum dan Sekolah
Menengah Pertama maupun perkantoran.
·
Lokasi berada di pusat keramaian,
·
Lokasi berada ditengah kawasan penduduk.
·
Dilokasi belum terdapat banyak warnet.
·
Lokasi berada pada perumahan penduduk.
·
Kemampuan finansial
orang-orang yang ada disana ( minimal sekali berkunjung mereka akan
membayar 3000-1000 untuk pembayaran warnet).
3. Topology Fisik Dan Logic.
·
Jenis Hubungan yang kami gunakan adalah Hubungan
Client-Server.
Alasan : Karena
Client-Server menggambarkan bahwa lalu lintas hubungan antar perangkat dikendalikan oleh satu komputer
(Server) dan perangkat lainnya (Client) harus melalui perangkat tersebut setiap
kali melakukan proses komunikasi.
·
Topologi yang digunakan adalah Topologi Bus.
Alasan : Karena
pada topology ini kita sudah menggunakan bantuan alat lain untuk mengkoneksikan
jaringan komputer, seperti HUB, Switch, dll. (Sama Hal Nya Seperti Di Warnet).
Kelebihan
topologi Bus adalah:
- Instalasi relatif lebih murah.
- Kerusakan satu komputer client tidak akan mempengaruhi komunikasi antar client lainnya.
- Biaya relatif lebih murah
Kelemahan
topologi Bus adalah:
- Jika kabel utama (bus) atau backbone putus maka komunikasi gagal.
- Bila kabel utama sangat panjang maka pencarian gangguan menjadi sulit.
- Kemungkinan akan terjadi tabrakan data(data collision) apabila banyak client yang mengirim pesan dan ini akan menurunkan kecepatan komunikasi.
Sketsa Model Jaringan Warnet Yang akan di buat.
4.
Dokumentasi Kebutuhhan Jaringan.
Hardware yang dibutuhkan
:
·
1 buah computer yang dipakai untuk server
·
5 buah computer untuk client
Spesifikasi
untuk komputer client maupun server.
·
Processor Intel Pentium Dual Core
2,7 Ghz atau Lebih.
·
VGA 1GB atau lebih (karena digunakan Untuk
bermain Game.
·
RAM Minimal 2 GB.
·
Monitor yang memiliki resolusi 1024 X 768 ke atas.
·
Memiliki Hard disk Minimal 500 Mb.
·
1 printer untuk menampilkan hasil teks dan gambar ( Di
server saja)
·
Mouse.
·
Keyboard.
·
Ear phone.
Perangkat Jaringan Yang dibutuhkan :
·
Router (Di server)
·
NIC (Network Interface Card) harus
sudah bisa mengimbangi kecepatan yang dipakai untuk itu minimal diperlukan NIC
memiliki kecepatan minimal 100/10 MBPS.
·
SWITCH/ HUB digunakan untuk
menghubungkan tiap computer dalam sebuah jaringan local sebaiknya digunakan SWITCH
yang memiliki 16 port.
·
Cable UTP yang digunakan minimal
cat. 5 karena biasanya dalam sebuah warnet jarak antar tiap computer tidak
terlalu berjauhan serta ini sesuai dengan NIC yang dimiliki. Konektor RJ45
untuk menghubungkan cable UTP dengan NIC. Dalam sebuah warnet biasanya
digunakan tipe STRIGHT untuk menghubungkan client, server ke SWITCH dan
menghubungkan Server Ke Router.
·
Modem ADSL.
Software
yang diperlukan:
·
Billing sebuah aplikasi yang dipakai untuk membantu
admin dalam melakukan perhitungan waktu dan biaya serta digunakan untuk membuat
laporan keuangan dan laporan data karyawan pada warnet, selain itu juga billing
digunakan untuk memanajemen client memberikan penomoran pada client.
·
Web Browser adalah sebuah aplikasi yang digunakan
untuk membuka sebuah website dan melakukan aktifitas berinternet lainnya.
·
Apliksi Game Online untuk dapat masuk ke layanan game
online misalnya Point Blank dll.
·
Alamat IP, alamat IP yang digunakan pada jaringan
local di warnet menggunakan IP ver. 4 kelas C karena hanya terdiri dari belasan
computer.
·
Sistem Operasi yang digunakan sebaiknya sama atau
untuk server digunakan Sistem Operasi khusus server minimal untuk client adalah
Microsoft windows XP atau untuk server Windows Server 2003, Debian Juga Boleh.
·
Internet Download Manager, merupakan aplikasi yang
digunakan untuk membantu proses download.
·
Bandwitch limiter digunakan untuk mengatur bandwitch
yang diberikan pada tiap client agar merata.
Susunan
Kabel
·
Kabel
yang digunakan adalah Kabel UTP dengan panjang ± 40 m.
·
Susunan
kabel yang digunakan adalah Kabel STRIGHT yang berguna untuk menghubungkan 2
perangkat yang berbeda (Digunakan untuk menghubungkan komputer dengan
switch/HUB). Sedangkan untuk menghubungkan suatu perangkat yang sama kita
menggunakan susunan kabel cross (Computer to Computer).
No comments:
Post a Comment