Monday 2 February 2015

Struktur CerPen



Struktur Cerpen

Abstrak
Abstrak merupakan bagian yang mengandung inti atau ringkasan cerita. Bagian ini bersifat opsional, sehingga bisa saja suatu cerpen tidak melalui tahapan ini. Namun alangkah baiknya suatu cerpen jika memiliki tahap Abstrak ini.

Orientasi
Orientasi merupakan bagian struktur yang menceritakan struktur yang menceritakan latar yang berkaitan dengan waktu, ruang, dan suasana di dalam cerpen. Latar digunakan oleh pengarang untuk menghidupkan ceritanya sehingga lebih berkesan kepada pembaca. Selain itu tokoh dan penokohan juga mulai tergambar pada tahap ini.
Komplikasi
Komplikasi adalah urutan kejadian yang saling berhubungan dan berkaitan secara sebab-akibat. Pada tahap ini kerumitan dan masalah mulai bermunculan, peristiwa yang satu disebabkan atau menyebabkan peristiwa lainnya. Selain itu, tahap ini akan mengungkit karakter atau watak pelaku yang ditafsirkan memiliki kualitas moral dan kecenderungan tertentu dan hal itu diekspresikan dalam tndakan dan ucapan tokoh.
Berbagai konflik akan bermunculan dan mengarah pada sebuah klimaks, yaitu konflik mencapai tingkat intensitas tertinggi. Klimaks merupakan keadaan yang akan mempertemukan berbagai konflik dan menentukan bagaimana konflik itu bisa terselesaikan.
Evaluasi
Evaluasi merupakan tahapan setelah terjadi klimaks, yang menuntun pembaca menemukan pemecahan masalah dari konflik dalam cerita.
Resolusi
Resolusi merupakan tahap di mana pengarang akan mengungkapkan solusi dari berbagai konflik yang dialami tokoh. Hal ini biasa berisi kejutan-kejutan bagaimana masalah itu bisa terselesaikan.
Koda
Koda ialah tahap terakhir yang berupa opsional, yang mengandung nilai-nilai atau pelajaran yang dapat dipetik oleh pembaca dari sebuah teks. Karena sifatnya yang opsional sehingga bisa saja pada suatu cerpen tidak terdapat tahap ini.
Setelah memahami apa maksud dari bagian-bagian struktur sebuah cerpen, selanjutnya kita akan mencoba membedah salah satu cerpen yang ditulis oleh Hanna Fransisca dengan Judul "Sulaiman Pergi ke Tanjung Cina"
Abstrak - Inti Cerita
Kemilau emas ~ terkubur dan pergi.
Orientasi - Pengenalan
Bukit Barisan Selatan ~ putih awan.
Komplikas - Konflik
Setiap puncak Krakatau ~ ayahnya ditembak mati.
Evaluasi
Adakah yang gemetar ~ menjadi purnama.
Resolusi - Pemecahan masalah
"Zhu Ni Xia, perempuan ~ parasnya yang jelita.
Koda - Pesan moral
Dari teluk Jakarta ~ tatapan penuh cinta.

No comments:

Post a Comment

Ads Inside Post